Penggunaan Matrik BCG, Matrik SWOT dan Metode QSPM dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Benih “Pari Arum” Produksi UD. Primasari Tani Kabupaten Jember

The Use of BCG Matrix, SWOT Matrix and QSPM Method in Determining the Marketing Strategy of "Pari Arum" Seed Products Produced by UD.Primasari Tani, Jember Regency

Authors

  • Ahmad Nuril Firdaus, SE Politeknik Negeri Jember
  • Bagus Putu Yudhia Kurniawan Politeknik Negeri jember
  • Muksin Muksin Politeknik Negeri jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v23i2.3943

Keywords:

Benih Padi, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM

Abstract

Sektor pertanian mencakup keberlangsungan hidup petani yang terkait sampai masyarakat yang berbisnis pada sektor hilirnya. Peran semua pihak sangat dibutuhkan, termasuk pemangku kepentingan baik hulu, onfarm. Kabupaten Jember sebagai produsen tanaman padi yang signifikan dalam perannya pada pemenuhan kebutuhan produksi padi nasional.UD. Primasari Tani  merupakan produsen/penangkar benih padi dengan jenis usaha perseorangan yang berdiri di Jember Jawa Timur yang sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Penelitian ini dilakukan di UD.Primasari Tani Desa GlagahWero, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember dengan tujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal pemasaran abon ikan bandeng laut, formulasi alternatif strategi, dan prioritas strategi berdasarkan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian adalah diperoleh alternatif strategi antara lain mengoptimalisasikan fasilitas gudang, dan lahan produksi ,memaksimalkan keunggulan lokasi, menambahkan karyawan pada bidang pemasaran, merancang desain kemasan yang lebih informatif dan, melakukan pemaksimalan kualitas benih, menambah fasilitas seperti cold storage,, memaksimalkan pelayanan dalam menjual ataupun memasarkan produk benih dan menambah tupoksi karyawan untuk lebih informatif dalam melihat pasar ataupun ancaman pesaing Mengoptimalisasikan gudang, fasilitas dan lahan produksi untuk lebih menarik konsumen dan memenuhi permintaan pasar yang tinggi dengan nilai TAS tertinggi yaitu 5,534.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2021). lndikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Karakteristik Utama Sektor Pertanian (Hasil Survei Pertanian Terintegrasi 2021). BPS RI/BPS - Statistics Indonesia.

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. 2017. Klasifikasi Umur Padi. http://www.bbpadi.litbang.pertanian.go.id. [7 november 2018]

BPS Provinsi Jawa Timur BPS Provinsi Jawa Timur. (2023). dari https://jatim.bps.go.id/indicator/53/579/2/produksi-padi-menurut-kabupaten-kota.htmlKementerian Pertanian : Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. (2021). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Budidaya Padi Tahun 2018.

David, Fred R. 2016, Manajemen Strategis, Edisi 12, Jilid I, Terjemahan oleh Dono Sunardi. Salemba Empat. Jakarta

Mamik. 2015. Metode Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mulyadi, and Widi Winarso. 2020. Pengantar Manajemen. Purwokerto: CV Pena Persada.

Munawaroh, Munjiati. (2013). Manajemen Operasi. Yogyakarta. LP3M UMY.

Rangkuti, Freddy (2017) . Teknik Membedah Kasus Bisnis Alalisis SWOT, Cara Penghitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Published

2023-08-31

How to Cite

Firdaus, SE, A. N., Putu Yudhia Kurniawan, B., & Muksin, M. (2023). Penggunaan Matrik BCG, Matrik SWOT dan Metode QSPM dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Benih “Pari Arum” Produksi UD. Primasari Tani Kabupaten Jember: The Use of BCG Matrix, SWOT Matrix and QSPM Method in Determining the Marketing Strategy of "Pari Arum" Seed Products Produced by UD.Primasari Tani, Jember Regency. Jurnal Ilmiah Inovasi, 23(2), 225–234. https://doi.org/10.25047/jii.v23i2.3943

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)