Strategi Pemasaran Agribisnis Ternak Domba Berbasis SWOT pada CV. Sultan Farm di Kabupaten Jember

Authors

  • Fernanda Dwi Harnita Politeknik Negeri Jember
  • Nanang Dwi Wahyono Politeknik Negeri Jember
  • Sri Sundari Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v25i2.6135

Keywords:

strategi pemasaran, SWOT, ternak domba

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam mengembangkan agribibisnis ternak domba pada CV. Sultan Farm di Kabupaten Jember. Teknik penentuan sampel secara purposive sampling menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dat primer dan data sekunder. Metodelogi yang digunakan analisis IFE, EFE, SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam matriks IE CV. Sultan Farm berada pada posisi sel I (tumbuh dan membangun). Strategi alternatif SWOT yang direkomendasikan adalah i) peningkatan kualitas produk domba unggul dan variasi harga melalui inovasi teknologi, ii) perluasan pangsa pasar dengan promosi berbasis perluasan pelanggan, iii) pencarian mitra atau investor untuk memperoleh lokasi tetap yang didukung oleh regulasi pemerintah, iv) bentuk tim promosi dengan pemanfaatan influencer lokal, v) tampilkan keunggulan kualitas dan layanan untuk menghadapi persaingan, vi) penerapan sistem keamanan dan kepatuhan regulasi, vii) pembentukan konten promosi inovatif melalui pendekatan storytelling yang mengedukasi dan mendukung program pemberdayaan agribisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Faturokhman, M., Hidayat, A., Kurniawan, F. A., Dewi, S. P., & Ryadi, Y. (2025). Development Strategy of Bodogol Edu Farm for Company Business Sustainability. 08(04), 1711–1719. https://doi.org/10.47191/ijmra/v8-i04-25

[2] Fawzi Haque dan Iskandar. 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Jakarta: Pascal Books

[3] Nozieres-Petit, M. O., & Moulin, C. H. (2021). The management of lamb heterogeneity is a tool for farmers’ marketing strategies. Animals, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.3390/ani11020551

[4] K A Usman, F Hasan, & S Mulatsih. (2024). The Study Examines the Marketing Strategies of Goat and Sheep Farming Businesses in CV. Fajar Randu. Jurnal Peternakan Integratif, 12(1), 16–22. https://doi.org/10.32734/jpi.v12i1.16341

[5] Primakoso, M. A., Meh, R. dan Arini, I. Y. 2023. Perancangan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler dengan Pola Kemitraan. E-Proceeding of Engineering : Vol.10, No.3 Juni 2023 | Page 2880

[6] riyo Santoso, E., Fajri Rinanti, R., Fajariah, N., Utomo, B., & Umbu Kalendi Wawu, M. (2023). Pengembangan Usaha Agribisnis Ternak Domba Di Peternakan Domba Berkah Farm. Jurnal Buana Sains, 23(2), 1412–1638.

[7] Hafiizh Rayhan Wijaya, & Siti Azizah. (2024). Analisis Sistem Agribisnis Hulu ke Hilir Peternakan Goatday di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Mutiara : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 166–186. https://doi.org/10.61404/jimi.v2i1.134

Downloads

Published

2025-08-21

How to Cite

Dwi Harnita, F., Dwi Wahyono, N., & Sundari, S. (2025). Strategi Pemasaran Agribisnis Ternak Domba Berbasis SWOT pada CV. Sultan Farm di Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 25(2), 169–174. https://doi.org/10.25047/jii.v25i2.6135

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)