Strategi Pemasaran Agribisnis Ternak Domba Berbasis SWOT pada CV. Sultan Farm di Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v25i2.6135Keywords:
strategi pemasaran, SWOT, ternak dombaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam mengembangkan agribibisnis ternak domba pada CV. Sultan Farm di Kabupaten Jember. Teknik penentuan sampel secara purposive sampling menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dat primer dan data sekunder. Metodelogi yang digunakan analisis IFE, EFE, SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam matriks IE CV. Sultan Farm berada pada posisi sel I (tumbuh dan membangun). Strategi alternatif SWOT yang direkomendasikan adalah i) peningkatan kualitas produk domba unggul dan variasi harga melalui inovasi teknologi, ii) perluasan pangsa pasar dengan promosi berbasis perluasan pelanggan, iii) pencarian mitra atau investor untuk memperoleh lokasi tetap yang didukung oleh regulasi pemerintah, iv) bentuk tim promosi dengan pemanfaatan influencer lokal, v) tampilkan keunggulan kualitas dan layanan untuk menghadapi persaingan, vi) penerapan sistem keamanan dan kepatuhan regulasi, vii) pembentukan konten promosi inovatif melalui pendekatan storytelling yang mengedukasi dan mendukung program pemberdayaan agribisnis.
Downloads
References
[1] Faturokhman, M., Hidayat, A., Kurniawan, F. A., Dewi, S. P., & Ryadi, Y. (2025). Development Strategy of Bodogol Edu Farm for Company Business Sustainability. 08(04), 1711–1719. https://doi.org/10.47191/ijmra/v8-i04-25
[2] Fawzi Haque dan Iskandar. 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Jakarta: Pascal Books
[3] Nozieres-Petit, M. O., & Moulin, C. H. (2021). The management of lamb heterogeneity is a tool for farmers’ marketing strategies. Animals, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.3390/ani11020551
[4] K A Usman, F Hasan, & S Mulatsih. (2024). The Study Examines the Marketing Strategies of Goat and Sheep Farming Businesses in CV. Fajar Randu. Jurnal Peternakan Integratif, 12(1), 16–22. https://doi.org/10.32734/jpi.v12i1.16341
[5] Primakoso, M. A., Meh, R. dan Arini, I. Y. 2023. Perancangan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler dengan Pola Kemitraan. E-Proceeding of Engineering : Vol.10, No.3 Juni 2023 | Page 2880
[6] riyo Santoso, E., Fajri Rinanti, R., Fajariah, N., Utomo, B., & Umbu Kalendi Wawu, M. (2023). Pengembangan Usaha Agribisnis Ternak Domba Di Peternakan Domba Berkah Farm. Jurnal Buana Sains, 23(2), 1412–1638.
[7] Hafiizh Rayhan Wijaya, & Siti Azizah. (2024). Analisis Sistem Agribisnis Hulu ke Hilir Peternakan Goatday di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Mutiara : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 166–186. https://doi.org/10.61404/jimi.v2i1.134
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fernanda Dwi Harnita, Nanang Dwi Wahyono, Sri Sundari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).